Manokwari Juara Umum Peda ke IV KTNA Papua Barat di Bintuni

0
242
Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw menyerahkan piala bergilir dan piala tetap kepada perwakilan kontingen Kabupaten Manokwari, yang berhasil keluar sebagai juara umum.

BINTUNI,KLIKPAPUA.COM – Upacara penutupan Pekan Daerah (Peda) ke IV Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Papua Barat  resmi di tutup oleh Gubernur Papua Barat yang diwakilkan oleh Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw, di Lapangan GSG, Kota Bintuni, Jumat (26/7/2019) sore.

Keluar sebagai Juara Umum Peda KTNA tahun ini yakni Kabupaten Manokwari, yang mengirim perwakilannya sebanyak 69 orang, lebih sedikit dari kabupaten tuan rumah Teluk Bintuni dengan jumlah peserta 100 orang.

Sebagai juara umum, Kabupaten Manokwari menerima dua piala yakni bergilir dan piala tetap. Penyerahan diberikan oleh Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw kepada perwakilan kontingen dari Kabupaten Manokwari.

Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo yang juga turut hadir pada kegiatan itu kepada wartawan mengaku bangga dengan raihan juara umum ini. Pasalnya keberhasilan juara umum ini bukan akhir melainkan awal perjuangan Manokwari untuk bisa mempertahankan gelar juara pada event selanjutnya.

“Juara umum ini bukan akhir melainkan awal untuk kita memperjuangkan kemenangan pada peda selanjutnya r tahun kemudian, ini harus jadi semangat kita untuk bisa mempertahankan piala,” kata Edi Budoyo.

Disinggung mengenai kinerja pnitia Teluk Bintuni, ia juga mengatakan panitia bekerja sangat maksimal, dan ini adalah kerja yang spektakular dari panitia baik provinsi maupun Bintuni.”Kami berharap peda selanjutnya di Manokwari Selatan bisa sesukses di Teluk Bintuni,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah lomba yang sempat digelar pada pelaksanaan peda selama kegiatan berlangsung satu Minggu di antaranya cabang lomba stan dan anjungan, cabang lomba peragaan unjuk tangkas dan asah trampil yakni lomba menangkap belut, tangkap ikan lele, rajut jaring, mengupas buah kelapa, menyeleksi buah matang panen kakao, memipil jagung, membajak lahan, seleksi indukan dan pejantan ayam, dan kambing, dan lomba asah trampil.

Cabang lomba olahraga dan keakraban yakni bakiak sepatu, tarik tambang, lompat karung dan sepakbola gawang mini, juga dilakukan. Serta cabang lomba vestifal dan kesenian daerah yakni lomba vocal grub, tari kreasi baru dan paduan suara.

Peda ke V KTNA tingkat Provinsi Papua Barat selanjutnya akan dilaksanakan di Kabupaten Manokwari Selatan. (at)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here