Kaimana Ditunjuk Tuan Rumah Hari AIDS se-Papua Barat

0
180
Kepala Dinas Kesehatan Kaimana, Arifin Sirfefa, SKM,MM.

KLIKPAPUA.COM,KAIMANA- Kabupaten Kaimana akan menjadi tuan rumah pelaksanaan hari AIDS se-Dunia Tahun 2019 tingkat Provinsi Papua Barat. Hal ini didasarkan pada hasil rekomendasi Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat pada pertemuan terkait masalah HIV-AIDS di Manokwari tahun lalu. Namun tanggal pelaksanaannya hingga saat ini belum diputuskan.

Kepala Dinas Kesehatan Kaimana, Arifin Sirfefa, SKM,MM menyampaikan ini saat ditemui baru-baru ini. Menurut Arifin, kepastian tanggal pelaksanaan sedang dikoordinasikan kembali dengan pihak provinsi, karena akan disesuaikan dengan kesiapan setiap daerah.

“Betul sekali, Kaimana memang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan hari HIV-AIDS tingkat Papua Barat. Tetapi untuk ketetapan tanggal pelaksanaan kami masih melakukan koordinasi dengan pihak provinsi,” terang Arifin.

Untuk mensukseskan kegiatan ini, Arifin mengatakan, pihaknya sedang melakukan persiapan, termasuk berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah. Menurutnya, moment ini sangat penting dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga diri dari bahaya NIV-AIDS.

“Ini merupakan moment yang berharga bagi kita di daerah ini pada umumnya, karena dengan moment seperti ini tumbuh kesadaran dan motivasi kita untuk selalu menjaga diri, terutama dari ancaman virus HIV-AIDS,” ujarnya.

Ditanya sejauhmana hasil koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk mensukseskan kegiatan ini, Arifin akui hingga saat ini belum ada signal positif dari Pemerintah Daerah untuk mendukung kegiatan ini. Padahal pihaknya sudah melakukan koordinasi intens dengan Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah, namun belum mendapatkan respon positif.

Dikatakan, peran daerah dalam rangka memerangi dan mencegah penularan virus HIV-AIDS sangat dibutuhkan. Pemerintah Daerah melalui alokasi anggaran yang disediakan bisa mengambil tindakan dengan memberikan perlindungan khusus terhadap para penderita HIV-AIDS sehingga tidak dikucilkan. (iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here