PLTMH Pegaf Memasuki Tahap Survei Kedua

0
127
Kepala Bappeda Kabupaten Pegaf, Irianto Jatmiko.
KLIKPAPUA.COM,PEGAF Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) Irianto Jatmiko, mengatakan untuk menindaklanjuti  rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), pihak PT. Energi Cendrawasih Semesta (pihak swasta) yang merupakan rekanan telah melakukan survei geografis. “Minggu lalu telah dilakukan survei kedua oleh pihak rekanan,” kata Jatmiko, di temui di Distrik Anggi, Senin (8/7/2019).
Survei geografis merupakan penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan titik koordinat maupun pemetaan suatu wilayah. Survei ini juga menindaklanjuti survei awal yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.
Dari hasil survei awal di muara danau Anggi Gida dan Anggi Giji, Pembangunan PLTMH di Pegaf berpotensi menghasilkan tenaga listrik sebesar 5 mw sampai 10 mw. Artinya dapat mensuplai kebutuhan listrik di seluruh wilayah Pegaf yang diketahui 90 persen wilayahnya belum bisa menikmati aliran listrik.  “Survei kedua ini untuk menindaklanjuti survei tahap awal, namun kami belum mengetahui hasilnya,” ungkap Jatmiko.
Lanjut Jatmiko mengatakan pembangunan PLTMH rencananya akan dilakukan pada tahun 2020, karena masih ada beberapa tahapan dan persyaratan untuk dapat melakukan pembangunan tersebut. “Untuk Berbicara pembangunannya belum bisa saat ini, karena masih ada beberapa tahapan dan persyaratan yang harus dilengkapi,” tuturnya.
Dengan adanya rencana pembangunan tersebut di Pegaf, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Yang terpenting masyarakat di 166 kampung dan 10 distrik dapat menikmati aliran listrik demi tercapainya sila kelima.(rsl/red)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here